Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer

Prosiding SENADA (Seminar Nasional Pendidikan Dasar): Inovasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar

Published March 20, 2020

Issue description

Terciptanya suasana belajar dan proses pembelajaran tidak lepas dari peran guru. Kemampuan guru dalam mengelola kelas berdampak pada bagaimana tercipta suasana belajar bagi siswa baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Perkembangan yang pesat dalam bidang teknologi informasi, seni dan ekonomi juga berdampak terhadap tuntutan dalam bidang pendidikan. Hal ini secara langsung berpengaruh terhadap bagaimana proses pembelajaran saat ini harus mampu membekali siswa dalam dunia nyata dan memenuhi kebutuhan sumber daya manusia sesuai perkembangan jaman.  Oleh karena itu, guru perlu melakukan eksplorasi dan pengembangan diri dalam penguasaan pengelolaan kelas untuk meningkatkan kompetensi kepribadian, profesional, pedagogik maupun sosial. 

Guru di tingkat sekolah dasar, pada dasarnya memiliki tugas yang berat. Disamping sebagai fasilitator pengetahuan bagi siswa, tetapi juga perlu meletakkan dasar pengetahuan dan kepribadian kepada siswa dengan cara-cara yang inovatif. Hal ini karena sekolah dasar merupakan pendidikan formal pertama yang meletakkan dasar pengetahuan bagi siswa untuk pengembangan diri di masa yang akan datang. Guru maupun calon guru di sekolah dasar harus senantiasa memiliki kompetensi yang terus meningkat dengan berbagai inovasi dan pengembangan diri. 

Perguruan tinggi merupakan salah satu lembaga pendidikan yang juga berupaya menyelenggarakan pendidikan yang bekualitas bagi masyarakat melalui kegiatan tridharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan atau pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena itu, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UMTAS dalam upaya mewujudkan tridharma perguruan tinggi, akan menyelenggarakan Seminar Nasional bagi calon guru SD, guru SD, praktisi bidang pendidikan maupun dosen upaya untuk meningkatkan kualitas pengajaran di sekolah dasar. Seminar ini sebagai upaya diseminasi hasil penelitian dan kajian khususnya di bidang pendidikan dasar sebagai forum ilmiah untuk meningkatkan pengetahuan. Seminar yang diselenggarakan oleh PGSD FKIP UMTAS diberi nama Seminar Nasional Pendidikan Dasar (SENADA).

Articles

  1. Prosiding SENADA (Seminar Nasional Pendidikan Dasar)