Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya (Umtas) mengirimkan lima orang utusannya untuk mengikuti KKNMU VI tahun 2019 yang berlokasi di Bengkulu. KKNMU adalah program yang digulirkan oleh Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah dengan menyatukan KKN seluruh PTM se-Indonesia. Pembekalan KKNMU dilakukan di UM Bengkulu dengan dihadiri oleh Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Ketua LSBO PP Muhammadiyah, Rektor UM Bengkulu, PWM Bengkulu, PDM Bengkulu, Wali Kota Bengkulu dan 574 peserta KKNMU. Kegiatan ini dimulai pada 30 Juli-11 September 2019. 

Rektor UM Bengkulu, Dr. Sakroni, M. Pd., mengucapkan selamat datang kepada peserta KKNMU dari seluruh penjuru negeri. Ia tersanjung dapat menjadi tuan rumah KKNMU tahun ini dan berharap agar pelaksanannya dapat berjalan dengan lancar. 

Senada dengan rektor, Walikota Bengkulu, H. Helmi Hasan, SE>, menyampaikan penghormatan dan ucapan terima kasih atas terpilihnya Kota Bengkulu sebagai tempat penyelenggaraan KKNMU yang terdiri atas 42 PTM/A se-Indonesia yang nantinya akan disebar di 9 kecamatan dan 55 kelurahan di wilayah Kota Bengkulu. Selain itu, ia berharap KKNMU dapat bersinergi dengan program dan kegiatan yang telah dicanangkan oleh pemerintah Kota Bengkulu guna akselerasi perwujudan visi Kota Bengkulu.

Ketua PWM Bengkulu, Dr. H. Syaifullah, M. Ag. menyampaikan agar KKNMU dapat bekerja sama dan bersinergi dengan stake holder yang terkait, baik pemerintah, masyarakat, perguruan tinggi, dan pimpinan persyarikatan di semua tingkat meliputi PRM, PCM, PDM, hingga PWM.

Menurut Prof. Dr. Lincolin Arsyad, Ph.D., Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, KKNMU merupakan program pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat, dan dakwah amar makruf nahi munkar. Karenanya, diharapkan program KKNMU bermanfaat bagi mahasiswa, masyarakat, dan PTM. 

Utusan KKNMU dari Umtas tersebar di lima kecamatan yang berbeda. Ari Awalu Romadona (S1 Bimbingan dan Konseling 2016) mendapatkan lokasi di Kelurahan Pekan Sabtu, Kecamatan Selebar. Fitri Pratiwi (S1 Bimbingan dan Konseling 2016) mendapatkan lokasi di Kelurahan Kandang Limun, Kecamatan Muara Bangkahulu. Sri Wulan Arpina (S1 Bimbingan dan Konseling 2016) mendapatkan lokasi di Kelurahan Lempuing, Kecamatan Ratu Agung. Imam Baehaki (S1 Ilmu Keperawatan 2016) ditempatkan di Kelurahan Sumur, Kecamatan Melele. Dan terakhir Rohendy Wizal Saputra (S1 Teknik Lingkungan 2016) bertempat di Kelurahan Pasar Bengkulu, Kecamatan Sungai Serut. [arwaro/nu]

 


Bagikan berita ini