Profil UMTAS

Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya merupakan perubahan bentuk dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Tasikmalaya atau disebut dengan UMTAS. Dalam perjalanannya, Sekolah Perawat Kesehatan Muhammadiyah Tasikmalaya adalah cikal bakal lahirnya Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Muhammadiyah Tasikmalaya (STIKep), dimana pada tahun 1983 Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tasikmalaya dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah Priangan Timur akan tenaga keperawatan,  mendirikan Sekolah Perawat Kesehatan dan pada tanggal  28 Juni 1983 dengan izin untuk penyelenggaraan SPK Muhammadiyah Tasikmalaya yakni Surat Keputusan dari Pusdiknakes dengan nomor: HK104/Menkes/SK/VI/83 yang berkedudukan di Tasikmalaya dan dikenal pada saat itu adalah SPK Muhammadiyah, kampus pertama beralamat di Jalan Rumah Sakit  No. 29 Tasikmalaya, dan pada tahun 1985 pindah ke kampus SPK Muhammadiyah Jalan Tamansari Gobras Tasikmalaya dengn mempergunakan tanah dan bangunan milik persyarikatan Muhammadiyah yang dikelola oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tasikmalaya.

SPK Muhammadiyah Tasikmalaya berjalan sudah berjalan selama 16 tahun yakni dimulai dari tahun 1983 s.d. 1999. Pada tahun 1991 dalam rangka memenuhi kebutuhan akan tenaga medis, SPK Muhammadiyah Tasikmalaya mendirikan afilial SPK yang didirikan di Kabupaten Ciamis, selanjutnya Menteri Kesehatan mengeluarkan kebijakan bahwa pendidikan tenaga perawat paling rendah adalah Akademi Keperawatan (AKPER). Dengan diturunkannya SK tersebut, masyarakat merasa kehilangan karena pada umumnya masyarakat mengharapkan tetap tersedianya lembaga pendidikan keperawatan yang religius islami di Tasikmalaya, guna memenuhi kebutuhan akan pendidikan tinggi keperawatan yang cukup dekat dan terjangkau. Menyadari akan aspirasi masyarakat tersebut, Pimpinan Daerah Muhammadiyah melalui Majelis MKKM yang semula mengelola SPK Muhammadiyah tergugah untuk mendirikan suatu perguaruan tinggi  guna memenuhi kebutuhan masyarakat di PrianganTimur akan perguruan Tinggi maka SPK Muhammadiyah tahun 1998/1999 mengusahakan usulan izin pendirian Akademi Keperawatan melalui konversi penyelenggaraan SPK Muhammadiyah Tasikmalaya, Alhamdulillah pada tanggal 23 Juni 1999 turun izin untuk penyelenggaraan Akademi Keperawatan Muhammadiyah Tasikmalaya dengan Surat Keputusan dari Pusdiknakes dengan nomor : HK.00.06.1.3.1770, tertanggal 23 Juni 1999, tentang izin konversi pendidikan Akademi Keperawatan (AKPER)Muhammadiyah Tasikmalaya.

Akhir Tahun Akademik 2001/2002 usianya menginjak 3 tahun, dalam liku-liku perjalanan selama 3 (tiga) tahun ini Akademi Keperawatan Muhammadiyah Tasikmalaya telah tumbuh dan berkembang walaupun penuh tantangan dan cobaan namun Alhamdulillah kami telah berhasil mengatasi semaksimal mungkin, bahkan kami telah mendapat kebahagian, kebanggaan yang tak terhingga bahwa Akademi Keperawatan Muhammadiyah Tasikmalaya padan tanggal 19 Nopember 2002 telah mendapat SK konversi dari Mendiknas dengan Nomor : 262/D/O/2002  sehingga mulai tahun akademik 2002/2003 Akademi Keperawatan Muhammadiyah Tasikmalaya  menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Muhammadiyah Tasikmalaya disingkat (STIKep). Perubahan STIKep Menjadi STIKes Muhammadiyah Tasikmalaya berdasarkan SK Mendikbud RI No. 221/D/O/2006 Tanggal 26 September 2006.

Sejak tanggal 17 Oktober 2014, berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 598/E/O/2014 tentang perubahan bentuk STIKes Muhammadiyah Tasikmalaya menjadi Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya yang diresmikan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Dr. H. M. Din Syamsuddin, M.A. pada hari Rabu, tanggal 14 Januari 2015 bertepatan dengan tanggal 13 Rabiul Awal 1436H dan tanggal Tanggal 17 Oktober 2014 ditetapkan sebagai hari jadi UMTAS.