Rangkaian kegiatan penyambutan mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya (UMTAS) Tahun Akademik 2017/2018 selain MPK2 (Masa Pengenalan Kehidupan Kampus) adalah EXPO UMTAS. Kegiatan ini berlangsung sejak Jumat-Sabtu, 8-9 September 2017/17-18 Dzulhijjah 1438. Menurut Ketua Panitia EXPO UMTAS, Agung, kegiatan ini baru pertama kali selenggarakan di UMTAS. “Expo ini digelar dengan tujuan untuk memperkenalkan ormawa (organisasi mahasiswa) UMTAS kepada mahasiswa baru, sehingga mereka dapat menyalurkan minat dan bakat mereka sesuai dengan ormawa yang dikehendaki,” jelasnya.

Terdapat 24 organisasi mahasiswa UMTAS dari tingkat prodi, fakultas dan tingkat universitas yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Ibu Neni Nur’aeni, M. Kep. Ns. Sp. Kep. Mat. Selaku Wakil Rektor I  UMTAS dalam sambutannya mengatakan bahwa Expo UMTAS ini diadakan untuk menghidupkan organisasi mahasiswa UMTAS yang dalam setahun terakhir ini gaungnya kurang. “Expo UMTAS yang pertama ini dilakukan untuk menyemarakkan dinamika kehidupan organisasi mahasiswa di UMTAS. Idealnya, mahasiswa tidak hanya disibukkan dengan kegiatan akademik saja, namun memanfaatkan waktu dan kesempatan selama berstatus sebagai mahasiswa untuk mengoptimalkan potensi dirinya dengan bergabung ke dalam organisasi mahasiswa, karena organisasi akan membentuk mahasiswa yang berkarakter dan berintegritas. Saya sangat terharu dan bangga dengan komitmen panitia yang telah membantu terselenggaranya acara ini,” jelasnya.

Kegiatan yang mengambil tema “One Step Closer for UMTAS Better” ini bekerjasama dengan beberapa lembaga pihak ketiga yang menjadi sponsorship acara ini, diantaranya Telkomsel, Combiphar dan Sosro. Acara ini menjadi ajang penampilan bakat mahasiswa baru dan seluruh ormawa. Ada yang menampilkan tari, band, stand up comedy, drama, dan sebagainya. Bahkan dosen dan karyawan pun memberikan persembahan yaitu menyanyi dangdut bersama dengan Wakil Rektor I UMTAS.

Mahasiswa mengaku sangat senang dengan adanya hal ini. “Rame banget, seru banget acaranya. Waktu kami jadi maba dulu ga ada acara seperti ini. Maba (mahasiswa baru) tahun sekarang harus bersyukur, karena acaranya sangat menarik,” papar Selly Renjani, Mahasiswi D3 Kebidanan Angkatan 2015. [nu]


Bagikan berita ini