+62 265 2350982

HOTLINE

KOMITMEN AKREDITASI


KOMITMEN UMTAS: TERUS TINGKATKAN AKREDITASI

 

Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya (UMTAS) diusianya yang menginjak tiga tahun sejak perubahan bentuknya dari STIKes menjadi universitas alhamdulillah berhasil mendapatkan nilai akreditasi B untuk program studi S1 Keperawatan dan Profesi Ners. Jerih payah semua pihak telah membuahkan hasil. Bahagia dan bangga dirasakan oleh tim akreditasi kedua prodi yang berada di bawah Fakultas Ilmu Kesehatan UMTAS tersebut. Prestasi yang diraih tersebut tentu saja tidak lepas dari kerjasama semua pihak yang telah memberikan dukungan sehingga tercapai apa yang diharapkan.

Setelah S1 Keperarwatan dan Profesi Ners, sekarang giliran dua program studi berikutnya yang berproses untuk meningkatkan akreditasi, yaitu prodi S1 Teknik Lingkungan dan S1 Teknik Mesin. Kedua prodi yang berada di bawah Fakultas Teknik UMTAS tersebut mendapatkan kunjungan dari tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) berturut-turut sejak Senin-Kamis, 23-26 Oktober 2017.

Tim Asesor BAN-PT yang ditugaskan untuk melakukan asesmen lapangan di Prodi S1 Teknik Lingkungan FT UMTAS yaitu Prof. Dr. Setyawan Purnama, I. L, M. Si. dari UGM Yogyakarta dan Dr. Ir. Munawar, M.T., dari UPN Veteran Jatim. Sedangkan tim Asesor BAN-PT yang melakukan asesmen lapangan Prodi S1 Teknik Mesin yaitu Ir. Purnomo, Ph.D., dari IST Akprind Yogyakarta dan Dr. Zahrul Fuadi, S.T., M.Sc., dari UNSYIAH Banda Aceh.

Segenap tenaga dikerahkan untuk melengkapi dokumen-dokumen penunjang akreditasi yang akan dinilai oleh kedua tim asesor tersebut. Semua pihak yang terkait sibuk menyiapkan kelengkapan data mulai data dosen dan mahasiswa, data pembelajaran di kelas, data penelitian, dan dokumen-dokumen lainnya yang harus dipenuhi. Proses yang tidak mudah memang, namun harus dilalui demi terwujudnya harapan mendapatkan nilai akreditasi yang setinggi-tingginya.

Dalam waktu dekat, beberapa program studi yang sedang berproses untuk meningkatkan akreditasi prodi juga akan mendapatkan kunjungan dari tim asesor BAN-PT, diantaranya Prodi D3 kebidanan, D3 Keperawatan, dan S1 Bimbingan dan Konseling. Rektor UMTAS, Dr. Ahmad Qonit AD, MA., menuturkan bahwa target tahun ini lebih dari 60% prodi di UMTAS dapat meraih nilai akreditasi, sehingga tahun depan UMTAS dapat mengajukan akreditasi institusi.

Ikhtiar telah ditempuh dan proses telah dilalui. Semua pihak yang terkait telah bekerja keras membantu dan mendukung akreditasi. Semoga hasil terbaik menjadi bonus dari setiap tangga yang telah dilalui. Dengan meningkatnya akreditasi semoga meningkat pula kepercayaan publik kepada UMTAS, sehingga UMTAS menjadi perguruan tinggi yang mampu melahirkan lulusan yang benar-benar cerdas berkualitas serta mampu memberikan manfaat sebanyak-banyaknya bagi  ummat, dari lingkup lokal hingga global. Aamiin! [nu]

 

Release: 31 Oktober 2017
Author: Hidayah nu



Back to Top