+62 265 2350982

HOTLINE

Brosur PMB


INFORMASI UMUM

Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya (UMTAS) berdasarkan Keputusan Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Republik Indonesia Nomor 598/E/O2014 Tanggal 17 Oktober 2014 tentang Ijin Perubahan Bentuk STIKes Muhammadiyah Tasikmalaya menjadi Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, maka Program Studi yang diselenggarakan oleh UMTAS memenuhi persyaratan akreditasi minimum. Program Studi yang dimiliki oleh Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya adalah 13 Program studi, yang terbagi kepada 3 (tiga) Fakultas, yaitu :

  1. Fakultas Ilmu Kesehatan 
    1 Ilmu Keperawatan Sarjana
    2 Kebidanan Diploma III
    3 Keperawatan Diploma III
    4 Profesi Ners
  2. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
    1. Bimbingan dan Konseling Sarjana
    2. Pendidikan Guru Pendidik Anak Usia Dini Sarjana
    3. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Sarjana
    4. Pendidikan Teknologi Informasi Sarjana
    5. Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik Sarjana
  3. Fakultas Teknik 
    1. Teknik Mesin Sarjana
    2. Teknik Lingkungan Sarjana
    3. Teknik Pertambangan Sarjana
    4. Teknik Elektro Sarjana

JALUR PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Pola penerimaan dilakukan dengan dua jalur, yaitu jalur tanpa test dan jalur test. Adapun jalur penerimaan mahasiswa baru tersebut adalah sebagai berikut :

A. JALUR PMB TANPA TEST

1. Jalur PBMP, yaitu jalur Penelusuran Bakat, Minat dan Prestasi

Dilakukan dalam rangka menjaring mahasiswa yang memiliki kemampuan luar biasa dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, seni, dan olahraga. Mahasiswa baru yang masuk melalui jalur ini akan melewati test praktik untuk menguji bakat dan kemampuannya. Bagi mahasiswa dari jalur PBMP disediakan reward berupa keringanan-keringanan beban biaya studi serta pengembangan bakatnya melalui bimbingan khusus sesuai dengan keahlian yang dimilikinya. Adapun keringanan biaya yang diberikan adalah sebagai berikut :

1) Peringkat 1 di kelas bebas biaya pendaftaran dan potongan biaya kuliah sebesar Rp. 2.000.000,-
2) Peringkat 2 di kelas bebas biaya pendaftaran dan potongan biaya kuliah sebesar Rp. 1.500.000,-
3) Peringkat 3 di kelas bebas biaya pendaftaran dan potongan biaya kuliah sebesar Rp. 1.000.000,-

Mahasiswa berprestasi dalam bidang seni, olahraga, maupun keagamaan minimal tingkat kota/ kabupaten diberi keringan biaya sebagai berikut :

- Juara 1 bebas biaya pendaftaran dan potongan biaya kuliah sebesar Rp. 2.000.000,-
- Juara 2 bebas biaya pendaftaran dan potongan biaya kuliah sebesar Rp. 1.500.000,-
- Juara 3 bebas biaya pendaftaran dan potongan biaya kuliah sebesar Rp. 1.000.000,-

Jumlah mahasiswa yang akan diterima melalui jalur PBMP adalah 10% dari total rencana penerimaan mahasiswa baru. Adapun standar mahasiswa yang dapat masuk melalui jalur ini adalah :

  1. Mahasiswa berprestasi di sekolahnya minimal rangking 3, yang dibuktikan dengan raport dan atau sertifikat penghargaan dalam bidang ilmu pengetahuan, serta rekomendasi/ keterangan dari kepala sekolah yang bersangkutan.
  2. Mahasiswa berprestasi dalam bidang Seni, olahraga, dan keagamaan minimal tingkat kota/ kabupaten sebagai juara serendah-rendahnya juara III dibuktikan dengan sertifikat penghargaan.
  3. Mahasiswa yang memiliki hapalan al-Qur`an minimal 3 Juz
  4. Mahasiswa yang memiliki bakat dan potensi di bidang seni dan olahraga berdasarkan hasil pemantauan dosen yang berkompeten.
  5. Khusus calon mahasiswa yang memilih program studi yang berada dibawah Fakultas Ilmu Kesehatan harus mengikuti test kesehatan, tinggi badan untuk perempuan 150 cm dan laki laki 155 cm, sebagai syarat akhir kelulusan.

2. Penjaringan Bibit Unggul Persyarikatan (PBUP)

Yaitu jalur penjaringan bibit unggul persyarikatan dilakukan dalam rangka menjaring mahasiswa yang aktif di organisasi otonomo (ORTOM) Muhammadiyah, serta memiliki potensi untuk menjadi kader persyarikatan di daerahnya. Bagi mahasiswa dari jalur PBMP disediakan reward berupa keringanan-keringanan beban biaya studi. Adapun keringanan biaya yang diberikan adalah pembebasan biaya SPP Tetap selama kuliah di UMTAS.

Jumlah mahasiswa yang akan diterima melalui jalur PBUP adalah 15 Mahasiswa dengan persebaran (5 mahasiswa di FIKES, 5 mahasiswa di FKIP, dan 5 mahasiswa di FT). Adapun standar mahasiswa yang dapat masuk melalui jalur ini adalah :

  1. Calon mahasiswa aktif di salah satu ORTOM Muhammadiyah dibuktikan dengan kartu anggota.
  2. Mendapatkan rekomendasi dari Pimpinan persyarikatan (PCM/PDM)

3. Jalur Undangan khusus/ raport / PMDK.

Jalur Undangan khusus diberikan kepada calon mahasiswa yang memiliki nilai rata-rata raport minimal 7 melalui guru BP atau melalui pos. adapun ketentuan pada jalur ini adalah sebagai berikut :

  1.  Calon mahasiswa yang memiliki rata-rata nilai raport minimal 7 (tujuh) mengisi formulir pendaftaran dan melampirkan fotokopi raport yang telah dilegalisir.
  2. Mendapatkan rekomendasi dari sekolah yang bersangkutan.
  3. Penilaian nilai raport calon mahasiswa melalui undangan khusus dilakukan secara langsung oleh panitia pendaftaran ( disediakan formula perhitungannya), apabila berdasarkan hasil perhitungan memenuhi syarat, maka calon mahasiswa diberi surat keterangan lulus, dan dalam lembaran hasil test ada info batas akhir melakukan registrasi awal ( besaran dana registrasi awal adalah Rp. 1.000.000,-), apabila calon mahasiswa tidak melakukan registrasi maka dinyatakan gugur, dan apabila ingin masuk kembali maka harus daftar kembali dan mengikuti proses test kembali.
  4. Khusus calon mahasiswa yang memilih program studi yang berada dibawah Fakultas Ilmu Kesehatan, harus mengikuti test kesehatan sebagai syarat akhir kelulusan.

B. JALUR PMB DENGAN TEST

Jalur PMB melalui test tulis yang dilakukan oleh Universitas Muhammadiya Tasikmalaya terdiri dari 2 jenis test, yaitu :
1. Computer Based Test (CBT)
CBT adalah test masuk Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya yang diselenggarakan dengan menggunakan komputer. calon mahasiswa datang mendaftar langsung melakukan test, dan setelah test selesai langsung pengumuman hasil test. calon mahasiswa dapat memilih 2 program studi dari semua prgram studi yang ada di Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, adapun langkah-langkah untuk mengikuti CBT, adalah :

    1. Calon Mahasiswa melakukan pendaftaran dan membayar biaya pendaftaran.
    2. Calon Mahasiswa diregistrasi dan diberi kartu test tulis
    3. Calon mahasiswa masuk ruangan khusus dan melakukan test tulis menggunakan computer yang sudah disediakan.
    4. Test Masuk ke UMTAS berupa Test Potensi Akademik (TPA)
    5. Calon Mahasiswa mendapatkan hasil test tulis, dan dalam lembaran hasil test ada info batas akhir melakukan registrasi awal ( besaran dana registrasi awal adalah Rp. 1.000.000,-), apabila calon mahasiswa tidak melakukan registrasi maka dinyatakan gugur, dan apabila ingin masuk kembali maka harus daftar kembali dan mengikuti proses test tulis kembali.
    6. Khusus calon mahasiswa yang memilih program studi yang berada dibawah Fakultas Ilmu Kesehatan, harus mengikuti test kesehatan sebagai syarat akhir kelulusan.

2. Paper Based Test (PBT)
PBT adalah test masuk Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya yang diselenggarakan dengan menggunakan soal dalam bentuk print out (lembar kertas) yang dilaksanakan dalam tiga gelombang. calon mahasiswa dapat memilih 2 program studi dari semua program studi yang ada di Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya. adapun langkah-langkah untuk mengikuti PBT, adalah :

  1. Calon Mahasiswa melakukan pendaftaran dan membayar biaya pendaftaran
  2. Calon Mahasiswa diregistrasi dan diberi kartu test tulis
  3. Test Masuk ke UMTAS berupa Test Potensi Akademik (TPA)
  4. Calon mahasiswa melakukan test tulis dan test kesehatan ( khusus Fikes) pada waktu yang telah ditentukan oleh panitia.
  5. Pengumuman hasil test PBT diumumkan selambat-lambatnya adalah 3 hari setelah berakhirnya test,
  6. Pengumuman hasil test disampaikan kepada Calon Mahasiswa melalui SMS center dan atau surat resmi dari rektor Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya yang dikirimkan langsung ke alamat rumah calon mahasiswa yang bersangkutan.
  7. Calon Mahasiswa yang telah dinyatakan lulus, harus segera melakukan registrasi awal (besaran dana registrasi awal adalah Rp. 1.000.000,-) selambat-lambatnya 2 minggu setelah dinyatakan lulus, apabila calon mahasiswa tidak melakukan registrasi maka dinyatakan gugur, dan apabila ingin masuk kembali maka harus daftar kembali dan mengikuti proses test tulis kembali.

Persyaratan Umum dan Khusus Mahasiswa Baru
Persyaratan Umum
1. Calon mahasiswa adalah Siswa lulusan SLTA dibuktikan dengan Ijazah atau SKL
2. Usia Maksimal pada saat pendaftaran adalah 24 Tahun,
3. Tidak buta warna, dan gangguan pendengaran
4. Mengisi formulir pendaftaran
5. Menyerahkan pas foto terbaru ukuran : 2 x 3, 3 x 4, dan 4 x 6 masing-masing sebanyak 4 lembar (latar berwarna merah)
6. Surat keterangan kelakuan baik dari sekolah atau kepolisian
7. Surat ijin dan pernyataan dari orang tua

Persyaratan Khusus
1. Khusus Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKes); Tinggi badan perempuan minimal 150 cm dan laki-laki 155 cm.
2. Bagi Mahasiswa regular kelas khusus tidak dibatasi usia.
3. bagi calon mahasiswa regular kelas khusus atau ners melampirkan ijazah dan transkrip terakhir
4. Menyerahkan foto copy raport semester I-V, dilegalisir oleh kepala sekolah dan atau fotocopi sertifikat penghargaan bagi yang masuk jalur PBMP dan undangan khusus;
5. Surat ijin dari pimpinan instansi tempat bekerja
Pengumuman hasil test
1. Pengumuman hasil test pada jenis PBT, dilakukan selambat-lambatnya 3 hari setelah selesainya pelaksanaan PBT.
2. Pengumuman hasil test dituangkan dalam Surat Keputusan (SK) rektor Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
3. SK rektor tentang pengumuman hasil test ditembuskan ke fakultas sebagai pemberitahuan, selain dipajang di papan informasi juga dipublish melalui website www.umtas.ac.id.
4. Informasi hasil test disampaikan kepada calon mahasiswa melalui SMS gateway dan pengiriman surat resmi melalui pos.
JADWAL PENERIMAAN MAHASISWA BARU
Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru UMTAS Tahun Akademik 2016-2017, adalah sebagai berikut :
PBMP                  02 Januari – 31 Maret 2016
PBT GEL 1.         02 Januari – 31 Maret 2016
PBT GEL 2          01 April – 20 Juni 2016
PBT GEL 3          01 Juli – 30 Agustus 2016
CBT                      02 Januari – 30 September 2016

JADWAL TES TULIS & KESEHATAN

PBT GEl 1          02 April 2016 pengumuman 04 April 2016

PBT GEL 2         21 Juni 2016 pengumuman 24 Juni 2016

PBT GEL 3         31 Agustus 2016 pengumuman 03 September 2016

BIAYA PENERIMAAN MAHASISWA BARU
Biaya Pendaftaran :
Kelas Reguler : Rp. 250.000,-
Biaya Test Kesehatan : Rp. 150.000,- (khusus calon mahasiswa FIKES)



Back to Top