+62 265 2350982

HOTLINE

DOKTOR DI UMTAS BERTAMBAH LAGI!


ELAMAT, DOKTOR DI UMTAS BERTAMBAH LAGI!

Di akhir semester ganjil tahun akademik 2017/2018, UMTAS mendapatkan anugerah terindah yaitu penambahan seorang doktor, yaitu Dr. Mujiarto, ST., MT. Pak MJ (sapaan akrab beliau) melaksanakan sidang promosi doktornya pada Rabu, 24 Januari 2018 di Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dengan judul disertasi “Pengembangan Bahan Ajar Inovatif Menggambar Teknik”. Sidang tersebut dihadiri oleh Rektor UMTAS, Dr. Ahmad Qonit AD, MA.; Kepala LSP2, Dr. Ir. Waspada Kurniadi, M. Sc.; Sekretaris LPPM, Anggia Suci P, M. Pd.; Wakil Dekan FKIP, Elfan Fanhas F. Kh., M. Ag.; Kaprodi Teknik Mesin, Gugun Gundara, MT.; serta perwakilan dosen FKIP dan FT UMTAS.

Pak MJ yang juga merupakan Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UMTAS mengungkapkan, tujuan penelitian yang ia lakukan adalah untuk mengembangkan bahan ajar inovatif menggambar teknik untuk meningkatkan kompetensi siswa SMK. “Hasil dari penelitian ini adalah e-book berbasis Multimedia Animasi Gambar Teknik (MMAGT) dengan karakteristik khusus yang mudah diakses atau terjangkau oleh mata dan logika siswa, karena materi proyeksi orthogonal memerlukan imajinasi atau daya khayal terhadap wujud dari suatu benda,” paparnya. Dengan menggunakan MMAGT, hal tersebut dapat teratasi dan penguasaan terhadap konsep materi proyeksi orthogonal juga mengalami peningkatan.

Tim Promotor yang terdiri atas Prof. As’ari Djohar dan co-promotor Dr. Mumu Komara, MT., menyatakan bahwa ia sangat puas dengan capaian Pak MJ. “Temuan ini sangat bermanfaat bagi kemajuan SMK di Indonesia. Saya berharap temuan ini dapat memenuhi kebutuhan bahan ajar inovatif yang diminati dan dapat meningkatkan ketertarikan siswa dalam mempelajari mata pelajaran Gambar Teknik,” jelas As’ari. Senada dengan hal tersebut, co-promotor, Dr. Mumu Komara, MT., menyampaikan harapannya, agar MMAGT temuan Pak MJ dapat menjadi alternatif model pengajaran yang meningkatkan penguasaan konsep gambar teknik khususnya materi Proyeksi Ortogonal yang merupakan ruh dalam pembelajaran mata pelajaran Gambar Teknik di SMK.

Capaian Pak MJ ini disambut dengan bahagia oleh sivitas akademika UMTAS. Rektor UMTAS menyatakan, bahwa ia sangat bangga dengan prestasi yang telah diraih Pak MJ. “Beliau mempertahankan hasil disertasinya dengan memuaskan. Diraihnnya gelar doktor ini menjadikan UMTAS memiliki doktor pertama di bidang Pendidikan Teknologi dan Kejuruan,” tuturnya. Pak MJ selaku Kepala LPPM UMTAS, lanjut Rektor, telah mengantarkan UMTAS sebagai pemenang Hibah Penelitian dan Pengabdian terbanyak di Priangan Timur dan sekitarnya dari DRPM Kemenristekdikti selama dua tahun berturut-turut, yaitu 2017 dan 2018. Semoga prestasi yang diraih Pak MJ dapat mendorong dosen-dosen UMTAS lainnya yang akan dan sedang menjalankan studi S3 di dalam maupun di luar negeri untuk semakin bersemangat menyelesaikan studinya agar dapat bersama-sama membawa UMTAS menjadi perguruan tinggi yang unggul, islami, dan terkemuka. [rls/riauone.com]

 

Release Date: 30 Januari 2018



Back to Top