+62 265 2350982

HOTLINE

ASESMEN LAPANGAN PRODI TEKNIK LINGKUNGAN UMTAS


ASESMEN LAPANGAN PRODI TEKNIK LINGKUNGAN UMTAS

 Senin pagi (23/10), Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya (UMTAS) bangga karena kehadiran tim asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kali ini BAN-PT mengutus Prof. Dr. I.L. Setyawan Purnama, M. Si., dari UGM Yogyakarta dan Dr. Ir. Munawar, MT., dari UPN Veteran Jatim untuk melakukan asesmen lapangan Program Studi Teknik Lingkungan UMTAS. Hadir dalam kesempatan tersebut keluarga besar Fakultas Teknik UMTAS dan jajaran pimpinan di lingkungan UMTAS.

Ketua Badan Pembina Harian (BPH) UMTAS, H. Iip Syamsul Arief MN, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada tim asesor di kampus UMTAS yang baru menginjak usia ketiga. Beliau juga menjelaskan tentang sinergitas yang terjadi antara BPH dengan UMTAS selaku Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM). “Alhamdulillah, BPH dan UMTAS selalu berjalan beriringan membangun UMTAS,” ungkapnya.

Senada dengan Ketua BPH, Rektor UMTAS, Dr. Ahmad Qonit AD, MA., juga mengucapkan selamat datang kepada tim asesor. “Selamat datang di kampus UMTAS. Alhamdulillah, dari segi akademik UMTAS sangat layak diperhitungkan. Diusianya yang masih sangat muda, UMTAS telah meraih banyak prestasi. Terbukti dengan diraihnya akreditasi B Prodi S1 Keperawatan dan Profesi Ners. Target kami, lebih dari 60% prodi di UMTAS tahun ini mendapatkan akreditasi, minimal sama dengan yang sudah terlebih dahulu turun (akreditasinya-red), sehingga tahun depan dapat mengajukan akreditasi institusi,” paparnya.

Beliau menambahkan, bahwa UMTAS memiliki potensi besar untuk terus berkembang dengan tetap menjaga kepercayaan publik. “Dengan kerja sama dan kerja keras dari seluruh pihak, insya Allah UMTAS dapat melahirkan intelektual muda yang membanggakan bangsa, negara, dan agama,” tuturnya.

Kegiatan tersebut direncanakan akan berlangsung selama tiga hari, yaitu Senin sampai dengan Selasa, 23-24 Oktober 2017 M / 3-4 Safar 1439 H. Dalam sambutannya, Dr. Ir. Munawar, MT., yang mewakili tim asesor menjelaskan bahwa Teknik Lingkungan memiliki potensi besar di masyarakat.

“Teknik Lingkungan itu sangat berpotensi memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia yang memiliki banyak sekali kekayaan alam. Dengan kondisi masyarakat modern di masa kini, pembangunan di segala bidang dengan tata kelola lingkungan yang masih terkesan asal-asalan, kota-kota yang terus membesar namun sangat minim ruang hijau, merupakan hal-hal yang menjadi perhatian teknik lingkungan. Oleh karena itu, kita memerlukan sarjana-sarjana ahli teknik lingkungan yang handal sehingga dapat memberikan solusi terhadap permasalahan-permasalahan lingkungan yang menggejala di  masyarakat. Nah, tujuan asesmen lapangan di Prodi Teknik Lingkungan ini salah satunya adalah untuk memastikan bahwa para pendidik di Teknik Lingkungan UMTAS ini berkualitas, sehingga lahirlah lulusan yang berkualitas pula,” jelasnya.  [nu]



Back to Top