+62 265 2350982

HOTLINE

Umtas Selenggarakan Tes Potensi Akademik Bagi Calon Mahasiswa Baru


Senin, 17 April 2017 Tim Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya (Tim PMB UMTAS) menyelenggarakan Tes Potensi Akademik (TPA) untuk Calon Mahasiswa Baru UMTAS Tahun Akademik 2017/2018 yang terjaring melalui Paper Based Test (PBT) Gelombang I bertempat di Aula Keperawatan UMTAS. Peserta tes adalah siswa SMA dan sederajat kelas XII dari sekolah-sekolah yang ada di wilayah Priangan Timur dan bahkan ada yang dari Luar Jawa antara lain Jambi, Palembang, Lampung dan masih banyak lagi.

Lilis Lismayanti, M. Kep. selaku Wakil Ketua PMB bagian Tes Seleksi menjelaskan bahwa tes ini adalah rangkaian dari beberapa tes yang harus dijalani oleh calon mahasiswa baru UMTAS. “Calon mahasiswa baru yang terjaring melalui PBT harus mengikuti dua jenis tes yaitu Tes Potensi Akademik dan Tes Kesehatan. Bagi yang lulus TPA hari ini dapat mengikuti rangkaian tes selanjutnya yaitu tes kesehatan. Setelah lulus tes kesehatan, baru seseorang dapat dinyatakan lulus sebagai mahasiswa UMTAS,” paparnya.

Dengan persiapan yang matang, soal-soal TPA kali ini dibuat khusus oleh Tim Bimbingan dan Konseling UMTAS yang telah mendapatkan sertifikat nasional dan terdiri dari dosen-dosen Program Studi S1 Bimbingan Konseling UMTAS. Menurut ketua PMB UMTAS, Drs. Khaerulkin, MM., UMTAS berkomitmen mengutamakan kualitas input calon mahasiswanya. “Calon mahasiswa baru memang harus mengikuti serangkaian tes. Yang lulus tes adalah orang-orang pilihan. Jika yang kita tempa dan yang kita didik adalah orang-orang pilihan, maka output lulusan kita pun adalah orang-orang pilihan. Mereka Insya Allah akan diterima di masyarakat dan diharapkan memiliki kontribusi yang besar untuk kemaslahatan umat dan kemajuan Indonesia,” jelasnya.

UMTAS yang terdiri dari 3 Fakultas dan 13 Program Studi memiliki beberapa jalur masuk, yaitu PBMP (Penelusuran Bakat Minat dan Prestasi) dan PBT (Paper Based Test) yang dipilah menjadi tiga gelombang, yaitu gelombang I, II dan III. PBMP dan PBT Gelombang I sudah berakhir. Pendaftaran PBT Gelombang II sedang berlangsung, mulai tanggal 04 sampai dengan 29 April 2017. [nu]



Back to Top