+62 265 2350982

HOTLINE

Panduan Beasiswa

PANDUAN BEASISWA

Beasiswa diberikan kepada mahasiswa sesuai kriteria yang diminta penyandang dana, baik program studinya maupun jenjang pendidikan mahasiswa. Waktu pemberian beasiswa lamanya berkisar antara 1 sampai dengan 12 bulan, bahkan dapat diperpanjang sampai selesai kuliah, minimal diberikan kepada mahasiswa yang duduk di semester 3.

Maksud diberikannya beasiswa adalah untuk membantu membiayai pendidikan mahasiswa dari keluarga yang kurang/tidak mampu secara ekonomi. Dengan berbagai tujuan diantaranya, mengurangi mahasiswa yang putus kuliah, membantu mahasiswa dalam menyelesaikan pendidikannya tepat waktu, dan membantu mahasiswa menetapkan kariernya sejak awal.

Persyaratan Umum Penerima Beasiswa:

  1. Mahasiswa yang pandai, rajin, berbakat, berprestasi, dengan Indek Prestasi Kumulatif pada saat pengajuan minimal 2,75 dan atau 3,00
  2. Dari kalangan keluarga kurang/tidak mampu secara ekonomi
  3. Sehat jasmani dan rohani
  4. Mahasiswa berkelakuan baik serta tidak pernah melanggar Tata Tertib Kampus
  5. Belum : berkeluarga, menikah, bekerja

Beasiswa STIKes Muhammadiyah Tasikmalaya

Semua beasiswa ditangani oleh Bidang Kemahasiswaan. Salah satu beasiswa yang sering diurus tiap tahunnya adalah Beasiswa STIKes Muhammadiyah Tasikmalaya. Beasiswa ini dananya bersumber dari APBS STIKes Muhammadiyah Tasikmalaya, yang diperuntukan semua mahasiswa pada semua Program Studi dan jenjang pendidikan di STIKes Muhammadiyah Tasikmalaya. Adapun tujuan Beasiswa ini adalah:

  1. Meningkatkan motivasi belajar dan prestasi calon mahasiswa, khususnya mereka yang menghadapi kendala ekonomi.
  2. Meningkatkan akses dan kesempatan belajar di STIKes Muhammadiyah Tasikmalaya yang berpotensi akademik tinggi dan kurang mampu secara ekonomi.
  3. Menjamin keberlangsungan studi mahasiswa sampai selesai.
  4. Meningkatkan prestasi mahasiswa, baik pada bidang akademik/kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler.
  5. Menimbulkan dampak bagi mahasiswa dan calon mahasiswa lain untuk selalu meningkatkan prestasi.
  6. Melahirkan lulusan yang mandiri, produktif dan memiliki kepedulian sosial, sehingga mampu berperan dalam upaya pengentasan kemiskinan.

Mahasiswa yang ingin mengajukan beasiswa STIKes Muhammadiyah Tasikmalaya harus memenuhi beberapa persyaratan, yaitu;

  1. Permohonan tertulis dari mahasiswa yang bersangkutan ditujukan kepada Wakil Ketua 3 Bidang Kemahasiswaan melalui Ketua Program Studi masing-masing.
  2. Surat keterangan tidak mampu dari kelurahan/Desa setempat.
  3. Menyertakan Rekening Listrik dan KTP Orang Tua.
  4. Masih aktif kuliah (tidak sedang menjalani cuti kuliah) minimal duduk di semester 3, yang dibuktikan dengan kartu tanda mahasiswa (KTM) dan kwitansi pembayaran SPP terakhir.
  5. Keterangan yang menyatakan berkelakuan baik, tidak pernah melanggar tata tertib kampus dan tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain.
  6. Mahasiswa mengikuti wawancara yang dilaksanakan oleh Bidang Akademik dan Bidang Kemahasiswaan.
  7. IPK minimal 3,00 bagi mahasiswa semester 3 ke atas dibuktikan dengan Transkip Nilai.
  8. Diutamakan yang aktif dalam kegiatan kemahasiswaan yang diprogramkan oleh STIKes Muhammadiyah Tasikmalaya.

Adapun prosedur yang mesti ditempuh terhadap pengajuan beasiswa STIKes Muhammadiyah Tasikmalaya harus melalui banyak tahapan. Ketika permohonan pengajuan yang ditujukan kepada Wakil Ketua 3 Bidang Kemahasiswaan harus melalui Ketua Program Studi terlebih dahulu. Setelah itu Program Studi menyeleksi sesuai persyaratan yang ditetapkan dan meneruskan hasilnya termasuk berkas hasil seleksi ke Bagian Administrasi Kemahasiswaan.

Bagian Administrasi Kemahasiswaan kemudian mengecek kembali berkas usulan dari Program Studi, selanjutnya disusun daftar calon usulan dari tiap Program Studi dan disampaikan kepada Wakil Ketua 3 Bidang Kemahasiswaan untuk mengikuti wawancara dari Wakil Ketua 1 Bagian Akademik dan Wakil Ketua 3 Bagian Kemahasiswaan.

Wakil Ketua 1 Bidang Akademik dan Wakil Ketua 3 Bidang Kemahasiswaan membuat persetujuan yang selanjutnya mengajukan daftar usulan penerima beasiswa ke Ketua STIKes Muhammadiyah Tasikmalaya. Selanjutnya dibuat SK penerima beasiswa yang ditandatangani Ketua STIKes Muhammadiyah Tasikmalaya.

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)

Beasiswa ini bertujuan membantu meringankan beban orang tua mahasiswa terutama dari keluarga kurang mampu secara ekonomi. Beasiswa PPA adalah beasiswa yang diberikan untuk peningkatan pemeratan dan kesempatan belajar bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan membayar biaya pendidikannya sebagai akibat krisis ekonomi, terutama bagi mahasiswa yang berprestasi akademik.

Adapaun tujuan PPA secara umum yaitu :

  1. Meningkatkan pemerataan dan kesempatan belajar bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan membayar pendidikan;
  2. Mendorong dan mempertahankan semangat belajar mahasiswa agar mereka dapat menyelesaikan studi/pendidikan tepat waktunya;
  3. Mendorong untuk meningkatkan prestasi akademik sehingga memacu peningkatan kualitas pendidikan.

Beasiswa ini dananya bersumber dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, yang diperuntukan semua mahasiswa pada semua jurusan dan jenjang pendidikan di STIKes Muhammadiyah Tasikmalaya. Mahasiswa yang ingin mengajukan beasiswa PPA mesti memenuhi beberapa persyaratan, yaitu:

  1. Permohonan tertulis dari mahasiswa yang bersangkutan ditujukan kepada Wakil Ketua 3 Bidang Kemahasiswaan melalui Ketua Program Studi masing-masing.
  2. Surat keterangan tidak mampu dari kelurahan/Desa setempat.
  3. Masih aktif kuliah (tidak sedang menjalani cuti kuliah) minimal duduk di semester 3, yang dibuktikan dengan kartu tanda mahasiswa (KTM) dan kwitansi pembayaran SPP terakhir.
  4. Keterangan yang menyatakan berkelakuan baik, tidak pernah melanggar tata tertib kampus dan tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain.
  5. Mahasiswa mengikuti wawancara yang dilaksanakan oleh Bidang Akademik dan Bidang Kemahasiswaan.
  6. IPK minimal 3,00 bagi mahasiswa semester 3 ke atas dibuktikan dengan Transkip Nilai.
  7. Diutamakan yang aktif dalam kegiatan kemahasiswaan yang diprogramkan oleh STIKes Muhammadiyah Tasikmalaya.

Adapun prosedur yang mesti ditempuh terhadap pengajuan beasiswa harus melalui banyak tahapan. Ketika permohonan pengajuan yang ditujukan kepada Wakil Ketua 3 Bidang Kemahasiswaan harus melalui Ketua Program Studi terlebih dahulu. Setelah itu Program Studi menyeleksi sesuai persyaratan yang ditetapkan dan meneruskan hasilnya termasuk berkas hasil seleksi Biro Administrasi Kemahasiswaan.

Biro Administrasi Kemahasiswaan kemudian mengecek kembali berkas usulan dari Program Studi, selanjutnya disusun daftar calon usulan dari tiap Program Studi dan disampaikan kepada Wakil Ketua 3 Bidang Kemahasiswaan dan untuk mendapatkan persetujuan.

Wakil Ketua 3 Bidang Kemahasiswaan mengajukan daftar usulan penerima beasiswa PPA ke Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Setelah ada persetujuan dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi kemudian Wakil Ketua 3 Bidang Kemahasiswaan membuat SK penerima beasiswa PPA ditandatangani Ketua STIKes Muhammadiyah Tasikmalaya.

Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM)

Beasiswa BBM sama dengan PPA, terutama tujuan dan definisnya, yaitu memberikan bantuan kepada mahasiswa yang mengalami kesulitan membayar biaya pendidikannya. Sama dengan PPA, tujuannya membantu meringankan beban orang tua dari kalangan ekonomi lemah.

Begitu juga dengan persyaratan pengajuannya sama dengan PPA. Sasaran beasiswa ini juga untuk mahasiswa STIKes Muhammadiyah Tasikmalaya pada semua Program Studi. Mengenai prosedurnya sama dengan pengajuan beasiswa PPA.

Beasiswa Indinesia Cerdas (BIC) PT Bank Rakyat Indonesia

Program Beasiswa Reguler PT Bank Rakyat Indonesia merupakan program beasiswa yang ditujukan kepada mahasiswa-mahasiswi strata 1 dan Diploma 3 reguler yang berasal dari keluarga kurang mampu dan selanjutnya disebut dengan Program Beasiswa Indonesia Cerdas (BIC). Program ini kuota sebanyak 6.025 mahasiswa/mahasiswi diseluruh Indonesia.

Persyaratan mahasiswa penerima beasiswa BRI adalah sebagai berikut;

  1. Mahasiswa reguler/non extention program strata-1 (S1) dan diploma-3 (D3) yang berprestasi, namun secara ekonomi kurang mampu.
  2. Indeks Prestasi Komulatif (IPK) minimal 3,0 (tiga koma nol).
  3. Umur tidak lebih dari 23 (dua puluh tiga) tahun pada saat menerima beasiswa
  4. Tidak bekerja atau berada dalam status ikatan dinas
  5. Tidak sedang memperoleh beasiswa dari pihak lain
  6. Berkelakuan baik dan tidak terlibat narkoba
  7. Memperoleh rekomendasi dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan
  8. Bersedia dilibatkan dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh BRI
  9. Memiliki rekening di BRI (Britama, Junio, Simpedes) (bagi yang belum mempunyai Rekening BRI akan difasilitasi BRI)
  10. Sekurang-kurangnya telah menyelesaikan pendidikan selama 2 (dua) semester
  11. Bagi penerima beasiswa BRI tahun 2012 yang belum lulus harap mengajukan kembali dengan persyaratan dan proses yang sama dengan pendaftar baru.

Prosedur pengajuan Indonesia Cerdas (BIC) PT Bank Rakyat Indonesia adalah sebagai berikut;

  1. Mahasiswa mengisi Form Pendaftaran Beasiswa Indonesia Cerdas PT Bank Rakyat Indonesia  di bagian administrasi kemahasiswaan
  2. Menyerahkan form pendaftaran dan persyaratan ke bagian administrasi kemahasiswaan
  3. Bagian administrasi kemahasiswaan menyeleksi sesuai persyaratan
  4. Menyerahkan form pendaftaran dan persyaratan yang dinyatakan lulus seleksi ke PT Bank Rakyat Indonesia

Beasiswa Bank BTN

Beasiswa ini dananya bersumber dari Bank BTN, yang diperuntukan semua mahasiswa pada semua Program Studi dan jenjang pendidikan di STIKes Muhammadiyah Tasikmalaya. Adapun tujuan Beasiswa ini adalah:

  1. Meningkatkan motivasi belajar dan prestasi calon mahasiswa, khususnya mereka yang menghadapi kendala ekonomi.
  2. Meningkatkan akses dan kesempatan belajar di STIKes Muhammadiyah Tasikmalaya yang berpotensi akademik tinggi dan kurang mampu secara ekonomi.
  3. Menjamin keberlangsungan studi mahasiswa sampai selesai.
  4. Meningkatkan prestasi mahasiswa, baik pada bidang akademik/kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler.
  5. Menimbulkan dampak bagi mahasiswa dan calon mahasiswa lain untuk selalu meningkatkan prestasi.
  6. Melahirkan lulusan yang mandiri, produktif dan memiliki kepedulian sosial, sehingga mampu berperan dalam upaya pengentasan kemiskinan.

Mahasiswa yang ingin mengajukan beasiswa STIKes Muhammadiyah Tasikmalaya harus memenuhi beberapa persyaratan, yaitu;

  1. Permohonan tertulis dari mahasiswa yang bersangkutan ditujukan kepada Wakil Ketua 3 Bidang Kemahasiswaan melalui Ketua Program Studi masing-masing.
  2. Surat keterangan tidak mampu dari kelurahan/Desa setempat.
  3. Menyertakan Rekening Listrik dan KTP Orang Tua.
  4. Masih aktif kuliah (tidak sedang menjalani cuti kuliah) minimal duduk di semester 3, yang dibuktikan dengan kartu tanda mahasiswa (KTM) dan kwitansi pembayaran SPP terakhir.
  5. Keterangan yang menyatakan berkelakuan baik, tidak pernah melanggar tata tertib kampus dan tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain.
  6. Mahasiswa mengikuti wawancara yang dilaksanakan oleh Bidang Akademik dan Bidang Kemahasiswaan.
  7. IPK minimal 3,00 bagi mahasiswa semester 3 ke atas dibuktikan dengan Transkip Nilai.
  8. Diutamakan yang aktif dalam kegiatan kemahasiswaan yang diprogramkan oleh STIKes Muhammadiyah Tasikmalaya.

Prosedur yang mesti ditempuh terhadap pengajuan beasiswa Bank BTN harus melalui banyak tahapan. Ketika permohonan pengajuan yang ditujukan kepada Wakil Ketua 3 Bidang Kemahasiswaan harus melalui Ketua Program Studi terlebih dahulu. Setelah itu Program Studi menyeleksi sesuai persyaratan yang ditetapkan dan meneruskan hasilnya termasuk berkas hasil seleksi ke Bagian Administrasi Kemahasiswaan.

Bagian Administrasi Kemahasiswaan kemudian mengecek kembali berkas usulan dari Program Studi, selanjutnya disusun daftar calon usulan dari tiap Program Studi dan disampaikan kepada Wakil Ketua 3 Bidang Kemahasiswaan untuk mengikuti wawancara dari Wakil Ketua 1 Bagian Akademik dan Wakil Ketua 3 Bagian Kemahasiswaan.

Wakil Ketua 1 Bidang Akademik dan Wakil Ketua 3 Bidang Kemahasiswaan membuat persetujuan yang selanjutnya mengajukan daftar usulan penerima beasiswa ke Ketua STIKes Muhammadiyah Tasikmalaya. Selanjutnya dibuat SK penerima beasiswa yang ditandatangani Ketua STIKes Muhammadiyah Tasikmalaya.

Jenis dan Besaran Dana Beasiswa

Jenis dan Besaran Dana Beasiswa sebagaimana dijelaskan diatas adalah sebagai berikut;

NO

Jenis Beasiswa

Besarnya Beasiswa

1

Beasiswa STIKes Muhammadiyah Tasikmalaya

12 bulan X Rp. 200.000,00

2

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)

12 bulan X Rp. 250.000,00

3

Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM)

12 bulan X Rp. 250.000,00

4

Beasiswa Bank BRI

12 bulan X Rp. 400.000,00

5

Beasiswa Bank BTN

12 bulan X Rp. 200.000,00

 



Back to Top