Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan


PROGRAM STUDI S.1 PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI (PTI)

 

Visi

”Mampu menghasilkan lulusan yang berkompeten dan berkompetitif tinggi serta berkembang lebih maju dalam bidang Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi serta bermoral dengan nilai-nilai keislaman”.

Keunggulan:

  1. semua lulusan dibekali keterampilan praktis Bahasa Inggris, kewirausahaan dan soft skill;
  2. kurikulum didesain berdasarkan perkembangan teknologi, keilmuan dan kebutuhan masyarakat serta sesuai dengan kompetensi-KKNI yang berlaku di level nasional;
  3. sistem belajar mengajar yang interaktif dan komunikatif;
  4. tenaga pengajar yang berkualitas dengan kualifikasi minimal pendidikan S2 dan sesuai dengan kebutuhan bidang ilmu Pendidikan Teknologi Informasi.

Prospek Pekerjaan

Selain menjadi Guru di Bidang TI di semua jenjang pendidikan dasar dan menengah, lulusan dapat mengembangkan diri pada bidang-bidang berikut: Praktisi Pendidikan Teknologi Informatika, Konsultan Pendidikan Teknik Informatika, IT Project Manager, Programmer. Juga tidak menutup kemungkinan bagi mahasiswa dan lulusan untuk berkarir di bidang nonkeguruan dan menjadi System Analyst, Programmer, IT Specialist, Network Engineer atau menjadi Enterpreneur yang tangguh, karena dalam proses perkuliahan mahasiswa dibekali pengetahuan TIKdankewirausahaan.

Informasi Selengkapnya Bisa Dipelajari di Web PTI UMTAS
 

PROGRAM STUDI S.1 BIMBINGAN DAN KONSELING (BK)

 

Visi

“Memasyarakatkan Bimbingan dan Konseling serta menjadi pusat keunggulan (center of excellence) bagi perkembangan ilmu, teknologi, dan seni dalam bimbingan dan konseling pada tahun 2020 di Jawa Barat, tahun 2025 di tingkat nasional dan tahun 2030 memiliki daya saing internasional”.

Keunggulan:

  • Kurikulum yang dibangun berbasis kompetensi yang dapat menghasilkan sebagai sarjana pendidikan dengan kompetensi Bimbingan dan Konseling yang mempunyai kemampuan sesuai dengan Standar Kualifikasi dan Kompetensi Konselor (Merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 27 Tahun 2008).
  • Adanya mata kuliah pilihan sehingga setiap mahasiswa dapat memilih mata kuliah yang menjadi minat pengembangan sesuai dengan keinginannya.
  • Memiliki kesadaran dan komitmen terhadap etika profesional, serta menguasai konsep dan praksis penelitian dalam bimbingan dan konseling.
  • Program studi akan menyediakan program pelayanan kepada mahasiswa berupa bimbingan dan konseling, pengembangan minat dan bakat (ekstrakulikuler) berupa bola voli, kesenian, pembinaan soft skiil, bantuan beasiswa, dan unit pelayanan kesehatan (medical center).

Prospek Pekerjaan

Guru BK/BP disemua jenjang pendidikan Dasar dan menengah, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN),  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)  Serta intansi lainnya sebagai tenaga kepegawaian atau HRD. Juga dapat bekerja di Intansi Swasta  sebagai tenaga kepegawaian atau HRD pada perusahaan-perusahaan di daerah Jawa Barat, Seperti: PT. Telkom , PT. Telkomsel , PT. Indosat , Bank BRI, Mandiri, BNI, BCA, dll, Serta perusahaan lainnya yang memiliki divisi kepegawaian atau HRD. juga diharapkan memiliki jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) dalam bidang layanan Bimbingan dan Konseling sebagai konselor mandiri yang membuka layanan konseling (praktek konseling).

 

PROGRAM STUDI S.1 PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI  (PG-PAUD)

 

Visi

“Menjadi Program Studi yang unggul, Islami dan terkemuka dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) bidang Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)”

Komitmen kami Menghasilkan calon guru dan tenaga kependidikan PAUD yang yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional dan menjungjung tinggi nilai-nilai Islam serta memiliki jiwa edupreuneur yang mandiri dalam pengembangan dunia pendidikan anak usia dini.

Motto : Menjadi pendidik adalah sebuah totalitas dalam upaya menjujung fitrah manusia.

 

PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PG-SD)

 

Visi

”Menjadi program studi unggulan dalam menyelenggarakan pendidikan Guru Sekolah Dasar yang mampu bersaing di Jawa Barat dan Nasional dengan keunggulan dalam IPTEKS dan berkarakter professional serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa”.

Prospek Pekerjaan

selain menjadi Guru Kelas di Sekolah Dasar atau sederajat baik pada sekolah dasar negeri maupun swasta ataupun dalam bentuk Madrasah Ibtidaíyah,  lulusan dapat mengembangkan diri pada bidang-bidang berikut: Praktisi Pendidikan, Konsultan Pendidikan, dan lainnya.

Motto : Disiplin Adalah Kami

 

PROGRAM STUDI S.1 PENDIDIKAN SENI DRAMA, TARI DAN MUSIK (SENDRATASIK)

 

Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya hadir sebagai solusi atas pemahaman-pemahaman keliru mengenai pendidikan seni budaya secara khusus dan seni di masyarakat pada umumnya. Mahasiswa akan menjadi agen perubahan melalui revitalisasi pendidikan seni di sekolah. Agen perubahan sosialisasi seni di masyarakat dengan dakwah islamiyah melalui seni dengan karakter dan nuansa Islam. Kemudian, Program studi mencoba berupaya untuk membangkitkan kembali nilai-nilai kearifan budaya bangsa guna membangun karakter bangsa dalam kerangka meningkatkan nation competitiveness di era global.

 

Prospek Pekerjaan

  1. Pendidik/Guru Seni Budaya (Kesenian) di Sekolah Dasar dan Menengah yang memiliki kemampuan didaktik metodik atau dasar-dasar pedagogik up to date dan terampil dalam bidang seni drama, tari, dan music serta seni rupa berbasiskan budaya local sesuai dengan nilai-nilai Islam serta mampu menerapkannya dalam proses belajar mengajar di kelas;
  2. Instruktur dan atau pengelola Pendidikan Non Formal Bidang Seni Budaya yang memiliki kemampuan dasar-dasar kepelatihan dan terampil dalam bidang seni drama, tari, dan music serta seni rupa berbasiskan budaya local sesuai dengan nilai-nilai Islam serta mampu menerapkannya dalam proses pelatihan di sanggar-sanggar atau pusat belajar;
  3. Pelaku seni (seniman) yang terampil dalam rupa, musik, tari dan atau drama sesuai minat dan bakatnya berbasiskan budaya local berdasarkan nilai-nilai Islam;
  4. Pencipta seni yang terampil dalam rupa, musik, tari dan atau drama sesuai minat dan bakatnya berbasiskan budaya local berdasarkan nilai-nilai Islam;
  5. Manager pertunjukkan dan atau pameran karya seni berbasiskan budaya lokalberdasarkan nilai-nilai Islam.

Bagikan halaman ini